Unknown Unknown Author
Title: Makan Enak Walaupun Diabetes?
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Klikdoterdotcom Sobat ini adalah artikel tentang tips kesehatan bagi penderita diabetes yang ingin tetap makan enak simak infonya dibawa...
Klikdoterdotcom
Sobat ini adalah artikel tentang tips kesehatan bagi penderita diabetes yang ingin tetap makan enak simak infonya dibawah ini :

Perencanaan makan diabetes dimulai dengan diet seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, dan lemak. Peran karbohidrat (ditemukan dalam gandum, buah, sayuran, susu, yoghurt, dan permen) sangat luar biasa untuk menghasilkan energi. Oleh karenanya, meski makan terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah terlalu banyak, penting sekali untuk tidak menghilangkan makanan ini dalam diet.
Lantas, bagaimana jika makan terlalu sedikit karbohidrat? Apakah membahayakan? Ya, hal tersebut membahayakan karena dapat menyebabkan glukosa darah menjadi terlalu rendah. Konsumsilah jumlah karbohidrat yang sedang setiap kali makan, dengan asupan yang seimbang antara protein dan lemak. Bila dijadikan kebiasaan, akan membantu Anda untuk menjaga glukosa darah dalam kisaran normal.
Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dimulai untuk merencanakan hidup sehat:

Ingin Tetap Makan Enak Walaupun Diabetes? Ini Kiatnya
Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dimulai untuk merencanakan hidup sehat:
Batasi asupan dan ukuran porsi dari makanan yang mengandung gula yang tinggi (jika bisa konsumsi hanya 2 atau 3 kali seminggu), seperti:
- Kue kering, pai, dan cookies
- Permen
- Jelly, selai, dan manisan
- Madu
- Sirup
- Es krim, yoghurt biasa dan beku, es buah.
- Milkshake
- Donat
Hindari hal-hal ini sama sekali:
Soft drink
Minuman buah (kalengan atau terkonsentrasi), dan minuman yang bercampur dengan buah-buahan kalengan dengan sirup yang begitu manis
Untuk ini, perhatikan kiat-kiat berikut yang berguna untuk Anda yang tetap ingin makan enak walaupun menderita diabetes:
Mengonsumsi Makanan Secara Seimbang
Makanlah tiga makanan seimbang dalam sehari (dan makanan kecil di malam hari). Setiap makanan harus mengandung karbohidrat dan protein. Ketika merencanakan makanan, pilihlah berbagai makanan dari setiap kelompok makanan dan  ukuran sesuai dengan kebutuhan porsi Anda.
Meningkatkan Asupan Serat
Pilih roti gandum dan sereal. Makan banyak sayuran dan usahakan untuk mengkonsumsi buah, bukan jus buah. Ketika Anda melihat label makanan, carilah produk yang mengandung setidaknya 3 gram serat per porsi.
Jangan Melewatkan Makan
Menghindari makan bukan merupakan ide yang baik bagi penderita diabetes. Makanlah dengan jeda sekitar 4 hingga 5 jam.
Mengurangi Asupan Lemak
Kurangi asupan lemak dari susu, jeroan daging-dagingan, gorengan serta kuah sop kaldu berlemak.
Tetap Aktif
Kadar glukosa darah akan membaik jika Anda tetap aktif. Periksa kondisi kesehatan dengan dokter sebelum memulai latihan atau saat program mulai berjalan.
Turunkan Berat Badan
Jika Anda kelebihan berat badan, turunkan secara bertahap walau hanya sekitar 2,5 hingga 5 kilogram karena hal ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Sekali lagi, jangan buat diri Anda tersiksa dengan pembatasan pola makan yang buruk. Konsumsilah makanan yang sesuai dengan apa yang dokter atau ahli gizi Anda anjurkan. Asupan makanan yang baik akan membantu Anda memperoleh kualitas hidup yang baik pula.


Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan kalian langsung di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website klikdokter.com

SOURCE Klikdokter.com

Advertisement

 
Top